1 Tes Awal
Sebelum menjawab tes (awal)isikan identitas responden sebagai berikut :
Tes Awal (Pre Test)
2 Optimalisasi belajar.id
- Setelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :
- Bapak/Ibu berikut daftar tautan sumber belajar untuk materi optimalisasi belajar.id (dengan mengklik yang diberi garis bawah)
- Cara menggunakan akun pembelajaran
- Mengelola email di Gmail
- Mengelola video call di Google Meet
- Mengelola jadwal di Google Calendar
- Membuat papan kolaboratif Google Jamboard
- Mengelola Google Drive
- Membuat kolaborasi dokumen Google Docs
- Membuat kolaborasi presentasi Google Slides
2.1 Untuk menambah pemahaman dan keterampilan Bapak/Ibu silakan mencoba fitur-fitur pada belajar.id di atas
2.2. Refleksi Kurikulum Merdeka
- 1. Mempelajari Materi Pelatihan
- Setelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dan tugas dari bahan yang disediakan berikut ini :
- >> Paparan dan Tugas Refleksi Kurikulum Merdeka
- 2. Ruang Kolaborasi
- Pada sesi ini, kita akan kembali melakukan diskusi dalam kelompok kecil sesuai kelompok pada sesi sebelumnya di asinkronus
- Setiap kelompok akan berdiskusi di dalam ruangan terpisah dengan alokasi waktu 30 menit
- Sebelum berdiskusi silakan Bapak/Ibu bisa mengunduh LK Ruang Kolaborasi pada LMS (Klik di sini untuk mengunduh)
- Setelah berdiskusi masing-masing kelompok akan melakukan presentasi selama 4 menit di ruang utama
- Buatlah karya visual (poster/gambar/bagan/infografis) dalam satu halaman yang menggambarkan bagaimana Bapak/Ibu melakukan adaptasi kurikulum merdeka!
- Apa saja potensi tantangan yang akan dihadapi ketika melakukan adaptasi kurikulum merdeka?
- Apa saja solusi untuk menanggulangi potensi tantangan tersebut?
- Silakan Bapak/Ibu secara perorangan mengunggah hasil diskusi pada bagian di bawah ini :
- Unggah LK Ruang Kolaborasi Refleksi Kurikulum Merdeka
- 3.Pengembangan Komunitas Belajar
- 1. Mempelajari Materi PelatihanSurat edaran KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :→ Pemahaman Capaian Pembelajaran
- 2. Ruang Kolaborasi
- Peserta mengenali kompetensi pada CP sebuah mata pelajaran sesuai MGMP masing-masing
- Peserta menganalisis peran elemen dalam membentuk kompetensi yang akan dicapai dalam sebuah CP
- Bersama-sama kelompok MGMP membaca CP mata pelajaran tersebut dengan mengklik link di bawah ini.→ Capaian Pembelajaran
Peserta mendiskusikan dan membuat presentasi digital 1-2 halaman berdasarkan pertanyaan: - Apa kompetensi yang ingin dituju CP mata pelajaran ini?
- Apa saja elemen dalam CP mata pelajaran pada fase yang saya ampu?
- Bagaimana elemen-elemen tersebut membentuk kompetensi yang ingin dituju CP?
- Bagaimana elemen tersebut berperan menentukan proses pembelajaran?
- LK Ruang Kolaborasi dikumpulkan pada bagian di bawah ini :
- Unggah LK Ruang Kolaborasi Pemahaman Capaian PembelajaranPenugasan
- 4. Merancang Pembelajaran 1 (TP dan ATP)
- 1. Mempelajari Materi PelatihanSetelah mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Bapak/Ibu dapat mempelajari materi dari bahan yang disediakan berikut ini :→ Materi Merancang Pembelajaran 1 (TP dan ATP)
- 2. Ruang Kolaborasi Menentukan TP
- Setiap MGMP sila berlatih dan melakukan proses seperti yang baru kita lakukan secara berkelompok.
- Pilih CP satu mata pelajaran dari fase masing-masing
- Analisis elemen CP (atau kalimat CP) menjadi kompetensi dan ruang lingkup materi
- Rumuskan hasil analisis tersebut menjadi kalimat-kalimat Tujuan Pembelajaran
- Waktu diskusi kelompok: 10 menit.
- Silakan manfaatkan template berikut untuk mendokumentasikan hasil diskusi.
- Unggah LK Ruang Kolaborasi Menentukan TP
- Unggah LK Ruang Kolaborasi Menentukan TPPenugasan